dc.description.abstract |
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi
siswa kelas X AP 2 SMK PAB 8 Sampali. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui pengaruh model pembelajaran PBL (Pembelajaran Problem Based
Learning) dengan Pendekatan Scientific Learning terhadap hasil belajar akuntansi
siswa kelas X AP 2 di SMK PAB 8 Sampali tahun pembelajaran 2017/2018.
Penelitian dilaksanakan di SMK PAB 8 Sampali yang beralamat di Jl. Pasar
hitam No 69 sampali Provinsi Sumatera utara. Populasi yang digunakan dalam
penelitian ini berjumlah 68 siswa. Sampel penelitian ini diambil berdasarkan
teknik Purposive Sampling yaitu populasi dijadikan sampel dalam penelitian ini
berjumlah 1 kelas sebanyak 33 siswa. Instrumen dalam penelitian menggunakan
angket sebanyak 19 soal dan tes tertulis sebanyak 10 soal.
Teknik analisis data dilakukan dengan cara melakukan uji kualitas data, uji
hipotesis dan koefisien determinasi. Dari hasil uji korelasi diperoleh rxy sebesar 0,929.
Untuk n = 33 , diperoleh dk = n -2 = 31. Dengan α = 0,05, diperoleh rtabel = 0,2913.
Berarti rxy (0,929) > rtabel (0,2913). Ini menujukan bahwa terdapat hubungan yang sangat
kuat signifikan antara X (model pembelajaran Problem Based Learning) dengan
Pendekatan Scientific Learning) dan Y (hasil belajar akuntansi siswa).
Nilai koefisien determinasi sebesar 0,863 menujukan bahwa model pembelajaran
Problem Based Learning) dengan Pendekatan Scientific Learning mempengaruhi hasil
belajar akuntansi siswa sebesar 0,863 x 100% = 86,3%. Dari perhitungan diperoleh
bahwa nilai thitung untuk variabel X sebesar 13,996. Untuk n = 33, diperloleh dk = n-2 = 33
– 2 = 31. Dengan α = 0,05, diperoleh ttabel = 1,696. Karena nilai thitung (13,996) > ttabel
(1,696), maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan model
pembelajaran Problem Based Learning) dengan Pendekatan Scientific Learning terhadap
hasil belajar. Dari perhitungan regresi linier sederhana diperoleh persamaan : Y = 38,715
+0,662X. Ini menunjukkan bahwa setiap peningkatan persamaan regresi linier untuk
model pembelajaran Problem Based Learning) dengan Pendekatan Scientific Learning),
maka akan terjadi peningkatan sebesar 0,662 |
en_US |