Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa yang kurang aktif selama kegiatan
belajar mengajar berlangsung, dalam menjelaskan materi pembelajaran guru masih
terpaku menggunakan metode ceramah, model pembelajaran Word Square
berbantuan media gambar belum pernah digunakan sebelumnya. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh dengan menggunakan model
pembelajaran Word Square berbantuan media gambar terhadap keterampilan proses
IPAS siswa SD Negeri 105332 Sei Blumei. Adapun jenis penelitian ini adalah
penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 47 orang yang
terdiri dari 34 Laki-laki dan 13 Perempuan. Teknik pengambilan sampel dalam
penelitian ini menggunaka total sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah
47 orang dengan mengambil 2 kelas yaitu kelas IV-A sebagai kelas kontrol
berjumlah 21 orang dan kelas IV-B sebagai kelas eksperimen berjumlah 26 orang.
Intrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar observasi. Variabel
bebas pada penelitian ini adalah model pembelajaran Word Square berbantuan
media gambar dan variabel terikat dalam penelitian ini adalah keterampilan proses
IPAS siswa. Pengujian hipotesis yang dilakukan dalam penelitian ini dengan
menggunakan Independent Sample T-test. Berdasarkan hasil penelitian tersebut
dengan menggunakan uji Independent Sample T-test mendapatkan hasil nilai
signifikansi 0,000 < 0,05. Berarti nilai hasil signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 maka
hal ini menunjukkan bahwa Ha diterima berarti mendapatkan pengaruh signifikan
model pembelajaran Word Square berbantuan media gambar terhadap keterampilan
proses IPAS siswa kelas IV SD Negeri 105332 Sei Blumei.