Abstract:
Strategi manajemen komunikasi pimpinan sebuah perusahaan adalah kunci dari
sistem manajerial dari sebuah perusahaan dalam meningkatkan kualitas
pelayanan. Brastagi supermarket menjadi salah satu perusahaan yang dianggap
memiliki pelayanan sudah cukup baik, hal ini dibuktikan dengan jumlah
konsumen yang belanja di brastagi supermarket dari tahun ke tahun semakin
meningkat atau mampu mempertahankan jumlah konsumen setiap bulannya di
angka 140-an ribu konsumen. Jika tidak memiliki kualitas pelayanan yang baik,
maka konsumen akan berpindah dan berbelanja ke supermarket-supermarket
lainnya. Maka dari itu, tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui tentang
strategi manajemen komunikasi pimpinan dalam meningkatkan kualitas pelayanan
karyawan di Brastagi Supermarket Medan. Jenis penelitian yang digunakan adalah
kualitatif, dengan menggunakan metode pengumpulan data wawancara, serta
menggunakan teknik analisis data, yaitu pengumpulan data, reduksi data,
penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
Strategi Manajemen Komunikasi Pimpinan dalam Meningkatkan Kualitas
Pelayanan Karyawan di Brastagi Supermarket Medan sudah dilakukan dengan
baik dengan menyusun dan merancang job description kepada karyawan,
memberikan pengarahan untuk memiliki sikap ramah, sopan santu, murah senyum,
dan memiliki kejujuran.