Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui partisipasi aktif siswa dengan
menggunakan mode pembelajaran Project Citizen pada pembelajaran PPKN
dikelas V SDS Bina Taruna Medan. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif
eksperimen. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data yang berkaitan
dengan partisipasi aktif siswa. Data yang diperoleh kemudian dianalisis
menggunakan uji hipotesis untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dari
penggunaan model pembelajaran Project Citizen terhadap partisipasi aktif siswa.
Dari hasil penelitian terdapat peningkatan yang signifikan dalam partisipasi aktif
siswa kelas V setelah penerapan model pembelajaran Project Citizen. Sebelum
penerapan model pembelajaran Project Citizen, nilai rata-rata partisipasi aktif siswa
adalah 55,880 Setelah penerapan model tersebut, nilai rata-rata meningkat menjadi
78,960 Peningkatan mean sebesar poin ini menunjukkan bahwa siswa menjadi
23,080 lebih tertarik dan terlibat dalam pembelajaran setelah model pembelajaran
Project Citizen diterapkan.
Hasil uji ini menghasilkan nilai t sebesar -6975 yang menunjukkan adanya
perbedaan yang sangat signifikan antara kondisi sebelum dan sesudah intervensi.
Nilai signifikansi (Sig. (2-tailed)) yang dihasilkan adalah 0.000, diperoleh nilai p
value yang diperoleh sebesar 0,000. Jika dibandingkan dengan α = 5% atau 0,05
maka nilai p-value < α atau 0,0000 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima,
artinya terdapat pengaruh model pembelajaran project citizen terhadap partisipasi
aktif siswa pada pembelajaran Pancasila siswa kelas V SDS Bina Taruna Medan