Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
hyonoteaching terhadap kemampuaan berhitung di kelas III SD Muhammadiyah 13
Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan
kelompok one group pretest-posttest design. Populassi penelitian ini adalah seluruh
siswa kelas III SD Muhammadiyah 13 Medan yang berjumlah 31 orang. Teknik
pengambilan sampel yang digunakan yaitu sampling jenuh dimana semua anggota
populasi digunakan sebagai sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan tes.
Berdasarkan hasil penelitian bahwa nilai rata-rata siswa yang menggunakan model
pembelajaran hypnoteaching lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata siswa tanpa
menggunakan model pembelajaran hypnoteaching yaitu 57 banding 82. Nilai
tertinggi yang diperoleh siswa sebelum menggunakan model pembelajaran
hypnoteaching yaitu 80. Nilai tertinggi yang diperoleh siswa sesudah menggunakan
model pembelajaran hypnoteaching yaitu 100. Berdasarkan penelitian tersebut,
diperoleh hasil perhitungan hipotesis mengguunakan uji t pada taraf signifikan 0,05
diperoleh hasil nilai sig. (2-tailed) adalah 0, 000 ≤ 0, 05 maka dapat dikatakan Ha
diterima H0 ditolak. Hasil analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat
perbedaan yang sangat sssignifikan antara pretest dan posttest dengan demikian
terdapat pengaruh model pembelajaran hypnoteaching terhadap kemampuan
berhitung siswa kelas III SD Muhammadiyah 13 Medan