dc.description.abstract |
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model
pembelajaran Mind Mapping Berbantuan Media Power Point Terhadap Hasil
Belajar Akuntasi Siswa Kelas XI-2 AP SMK Bina Satria Tahun Ajaran 2017/2018
pada materi menghitung mutasi dana kas kecil. Masalah dalam penelitian ini
adalah rendahnya hasil belajar akuntansi siswa kelas XI-2 AP SMK Bina Satria.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Bina Satria yang beralamat di Jln.
Marelan IX No. 1 Tanah enam ratus, Kecamatan Medan Marelan Kota Medan.
Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI AP
SMK Bina Satria. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive
sampling sehingga sampel yang digunakan adalah kelas XI-2 AP yang berjumlah
36 orang. Instrument yang digunakan adalah essay test yang terdiri dari 8 intem
valid.
Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif.
Sebelum melakukan analisis maka terlebih dahulu melakukan uji persyaratan
analisis yang terdiri dari menentukan nilai rata-rata, simpangan baku,
homogenitas, uji normalitas dan hipotesis.
Dari hasil data pre test diperoleh rata-rata 72,06 dan simpangan baku 9,25
sedangkan untuk data post test diperoleh nilai rata-rata 78,47 dan simpangan baku
12,40. Penelitian ini menggunakan uji liliefors untuk mengetahui normalitas dari
data hasil belajar. Dari data perhitungan hipotesis diperoleh
yaitu (5,368<1,994)
.
Dapat
disimpulkan
bahwa
tidak
ada
pengaruh
model
pembelajaran
Mind
Mapping
Berbantuan
Media
Power
Point
Terhadap
Hasil
Belajar
Akuntansi
Siswa
Kelas
XI-2
AP
SMK
Bina
Satria
Tahun
Ajaran
2017/2018 |
en_US |