dc.description.abstract |
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya karakter siswa, kurang menerapkan
5S (senyum, sapa, salam, sopan dan santun) disekolah. Rumusan masalah dalam
penelitian ini yaitu apakah terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media
interaktif yang berisikan budaya 5S (senyum, sapa, salam, sopan dan santun) untuk
membentuk karakter siswa di kelas V di SDN 106451 Pulau Gambar. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan
media interaktif yang berisikan budaya 5S (senyum, sapa, salam, sopan dan santun)
untuk membentuk karakter siswa kelas V di SDN 106451 Pulau Gambar. Penelitian
ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Adapun populasi dalam penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas V SDN 106451 Pulau Gambar yang terdiri dari 1 kelas.
Teknik pengambilan sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah
sampling jenuh.. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 25 siswa. Instrumen yang
digunakan dalam penelitian ini yaitu angket. Teknik analisis data dalam penelitian
ini yaitu menggunakan uji validitas, uji normalitas, dan uji paired sample t-Test (uji
hipotesis). Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang
signifikan penggunaan media interaktif yang berisikan budaya 5S (senyum, sapa,
salam sopan dan santun) untuk membentuk karakter siswa kelas V SDN 106451
Pulau Gambar. Dilihat dari hasil uji hipotesis (uji paired sample t-Test)
diperolehnya hasil yang signifikan (sig 2-tailed) 0,000 < 0,05, artinya adalah Ha
diterima dan H0 ditolak. Ini membuktikan bahwa adanya pengaruh yang signifikan
penggunaan media interaktif yang berisikan budaya 5S (senyum, sapa, salam, sopan
dan santun) untuk membentuk karakter siswa kelas V di SD Negeri No. 106451
Pulau Gambar Kabupaten Serdang Bedagai. |
en_US |