dc.description.abstract |
Gerak putar balik arah (U-turn) adalah suatu putaran di dalam suatu sarana angkutan
atau kendaraan yang dilaksanakan dengan cara mengemudi setengah lingkaran yang
bertujuan untuk berpergian menuju arah kebalikan. Gerakan putaran balik akan
menimbulkan dampak tundaan dan antrian bagi kendaraan yang bergerak searah
dengan arah kendaraan sebelum dan melakukan putaran balik. Namun demikian
dampak tundaan dan antrian tidak terjadi bila terdapat jarak waktu antara kendaraan
yang akan berputar balik dengan kendaraan terdepan pada jalur lawan yang cukup.
Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui kinerja U-turn serta tingkat pelayanan jalan
yang dilengkapi dengan fasilitas U-Turn, menganalisa waktu tempuh rata-rata
kendaraan yang melakukan U-Turn, kecepatan kendaraan saat melakukan U-Turn dan
panjang antrian yang melakukan aktifitas U-Turn. Untuk mendapatkan tujuan tersebut
digunakan metode PKJI 2014. Dari hasil penelitian tersebut didapatkan bahwa waktu
tempuh rata-rata kendaraan yang terbesar saat melakukan u-turn 28,37 detik dengan
kecepatan kendaraan sebesar 7,14 km/jam, dengan antrian saat melakukan u-turn
sepanjang 29 meter. Dengan tingkat pelayanan C. |
en_US |