Research Repository

Analisis Pengaruh Gerak Putaran Balik (U-turn) Terhadap Kinerja Lalu Lintas Di Ruas Jalan Asrama Medan Sumatera Utara

Show simple item record

dc.contributor.author Habib, Muhammad Rafi
dc.date.accessioned 2024-10-26T10:29:44Z
dc.date.available 2024-10-26T10:29:44Z
dc.date.issued 2024-09-19
dc.identifier.uri https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/25631
dc.description.abstract Gerak putar balik arah (U-turn) adalah suatu putaran di dalam suatu sarana angkutan atau kendaraan yang dilaksanakan dengan cara mengemudi setengah lingkaran yang bertujuan untuk berpergian menuju arah kebalikan. Gerakan putaran balik akan menimbulkan dampak tundaan dan antrian bagi kendaraan yang bergerak searah dengan arah kendaraan sebelum dan melakukan putaran balik. Namun demikian dampak tundaan dan antrian tidak terjadi bila terdapat jarak waktu antara kendaraan yang akan berputar balik dengan kendaraan terdepan pada jalur lawan yang cukup. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui kinerja U-turn serta tingkat pelayanan jalan yang dilengkapi dengan fasilitas U-Turn, menganalisa waktu tempuh rata-rata kendaraan yang melakukan U-Turn, kecepatan kendaraan saat melakukan U-Turn dan panjang antrian yang melakukan aktifitas U-Turn. Untuk mendapatkan tujuan tersebut digunakan metode PKJI 2014. Dari hasil penelitian tersebut didapatkan bahwa waktu tempuh rata-rata kendaraan yang terbesar saat melakukan u-turn 28,37 detik dengan kecepatan kendaraan sebesar 7,14 km/jam, dengan antrian saat melakukan u-turn sepanjang 29 meter. Dengan tingkat pelayanan C. en_US
dc.publisher UMSU en_US
dc.subject U-turn en_US
dc.subject waktu tempuh en_US
dc.subject panjang antrian en_US
dc.title Analisis Pengaruh Gerak Putaran Balik (U-turn) Terhadap Kinerja Lalu Lintas Di Ruas Jalan Asrama Medan Sumatera Utara en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account