Abstract:
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya minat dan hasil belajar
Pendidikan Agama Islam peserta didik. Salah satunya dari faktor model
pembelajaran yang digunakan. Dalam pembelajaran guru harus bisa menggunakan
model pembelajaran yang sesuai agar mudah dalam menyampaikan materi. Salah
satu model pembelajaran yang dapat digunakan guru adalah kooperatif think pair
share. Model ini merupakan suatu cara untuk menciptakan kerja sama peserta
didik dengan kelompok, dan memberi waktu peserta didik untuk berfikir,
menjawab dan saling membantu satu sama lain. Model pembelajaran ini juga
dapat menarik perhatian peserta didik untuk lebih semangat di dalam kelas serta
dapat membantu guru untuk menyampaikan laitian soal dengan mudah.
Berdasarkan latar belakang diatas maka penelitian ini mengambil judul Efektifitas
Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share ( TPS ) Terhadap
Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Pada Siswa/I SMPIT Darul Fikri
Tanjungbalai
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Apakah efektivitas
penggunaan model pembelajaran kooperatif Think Pair Share (TPS) dapat
meningkatkan hasil belajar pendidikan agama Islam siswa/i SMPIT DARUL
FIKRI Tanjungbalai ?. (2) Bagaimana Penggunaan Model Pembelajaran Think
Pair Share (TPS)?. (3) Apakah kelemahan dan kelebihan model pembelajaran
yang di gunakan saat ini di SMPIT DARUL FIKRI Tanjungbalai dengan Model
Pembelajaran Think Pair Share (TPS)?. Tujuan penelitian ini adalah : Berdasarkan
rumusan masalah di atas maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui
efektivitas penggunaan model pembelajaran kooperatif Think Pair Share (TPS)
dapat meningkatkan hasil belajar pendidikan agama Islam siswa/i SMPIT
DARUL FIKRI Tanjungbalai.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang mana peneliti
menggunakan tekhnik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan
pengumpulan dokumentasi yang mendukung peneliti dalam melaksanakan
penelitian dan wawancara dalam hal analisis fakta yang ada dilapangan. Dan
setelah penulis melakukan penelitian tersebut harapannya semoga pihak sekolah
dapat melaksanakan model pembelajaran Kooperatif Think Pair Share ini, untuk
menciptakan kelas yang aktif dan menyenangkan untuk para siswa/i.