dc.description.abstract |
Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development), pada
penelitian ini menghasilkan suatu produk berupa media puzzle bergambar berbasis
problem based learning pada pembelajaran matematika kelas III sd swasta islam
setia nurul azmi medan. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) Untuk mengetahui cara
pengembangan media puzzle bergambar berbasis problem based learning (PBL)
pada pembelajaran matematika, (2) Untuk mengetahui kevalidan media puzzle
bergambar berbasis Problem Based Learning (PBL) pada pembelajaran
Matematika, (3) Untuk mengetahui tingkat kepraktisan pengembangan media
puzzle bergambar berbasis Problem Based Learning (PBL) pada pembelajaran
Matematika. Model yang digunakan dalama penelitian ini yaitu model
pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu: (1) Analysis, (2) Design,
(3) Development, (4) Implementation, (5) Evaluation. Hasil dari penelitian ini
menghasilkan produk puzzle bergambar berbasis problem based learning pada
pembelajaran Matematika. Berdasarkan hasil validasi materi terhadap media puzzle
bergambar berbasis problem based learning dengan memperoleh nilai 93%, Hasil
dari validasi desain memperoleh nilai 93%, pada validasi Bahasa memperoleh nilai
88%. Artinya media puzzle bergambar berbasis problem based learning pada
pembelajaran Matematika dengan kategori “Sangat Valid” Hasil dari kepraktisan
media, dilihat dari hasil respon guru dengan memperoleh nilai 98%, dan hasil dari
respon siswa memperoleh nilai 90%. Artinya puzzle bergambar berbasis problem
based learning pada pembelajaran Matematika dengan kategori “Sangat Praktis”.
Berdasrkan hasil penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa Pengembangan
Puzzle Bergambar Berbasis Problem Based Learning (PBL) Kelas III SD Swasta
Islam Setia Nurul Azmi Medan layak digunakan dinyatakan sangat valid dan sangat
praktis |
en_US |