dc.description.abstract |
Komunikasi antar pribadi sangat dibutuhkan dalam kegiatan dunia kerja, agar
karyawan dapat lebih memahami kebutuhan setiap pelanggan. Komunikasi antar
pribadi antara karyawan dan pelanggan harus diperhatikan karena itu merupakan
aspek penting di dalam penjualan. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan
bagaimana penerapan komunikasi antar pribadi guna memenuhi kebutuhan
informasi pelanggan kembar ponsel medan. Metode dalam penelitian yang
digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teori yang digunakan yaitu berupa uraian
teoritis
tentang komunikasi, komunikasi interpersonal, pola komunikasi
interpersonal yang mencakup keterbukaan, kesetaraan, empati, sikap mendukung
dan sikap positif. Informan dalam penelitian ini adalah karyawan dan pelanggan
Kembar Ponsel Medan dengan menggunakan Teknik purposive sampling. Teknik
pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa komunikasi antar pribadi yang dilihat dari
komponen keterbukaan, kesetaraan, empati, sikap mendukung dan sikap positif
sudah berjalan dengan baik dan sesuai dengan apa yang diharapakan oleh
pelanggan. Sehingga komunikasi antar pribadi yang baik dapat menjadi faktor
penunjang dalam mewujudkan kebutuhan informasi pelanggan. |
en_US |