Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran komik dan
menguji kelayakan media komik pada pembelajaran matematika materi operasi
hitung satuan waktu pada siswa kelas V SD Swasta Islam Setia Nurul Azmi Medan.
Penelitian ini berjenis Research and Development (R&D) dengan model ADDIE
(Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Tahap analisis
mencakup pada analisis kebutuhan dan analisis karakteristik peserta didik. Tahap
desain mencakup pada tahapan merancang media yang dikembangkan, menyusun
instrumen, menyusun silabus dan menyusun RPP. Tahap pengembangan mencakup
pada kevalidan dari tiga para ahli. Tahap implementasi yaitu tahap uji coba produk
ke sekolah. Subjek penelitian pada pengembangan yang terlibat antara lain validator
ahli media, ahli bahasa dan ahli materi. Sedangkan, subjek penelitian pada
implementasi atau tahap uji coba yang terlibat antara lain guru dan siswa. Instrumen
yang digunakan untuk mengetahui kelayakan menggunakan skala likert dengan
kategori yang disusun dalam bentuk checklist. Hasil pengembangan yang dilakukan
dengan penilaian para ahli yaitu validator ahli media 94% “sangat valid”, validator
ahli bahasa 88% “sangat valid” dan validator materi 100% “sangat valid”. Pada
kepraktisan guru yang diperoleh dari respon guru mendapatkan 100% “sangat
praktis”. Pada uji coba yang dilakukan pada kelas V SD Swasta Islam Setia Nurul
Azmi Medan dengan jumlah siswa 25 orang. Dari keseluruhan respon siswa
mendapatkan 87.2% “sangat praktis”.