Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh brand image terhadap
buying decision, untuk mengetahui pengaruh brand image terhadap buying
interest, untuk mengetahui pengaruh electronic word of mouth terhadap
buying decision, untuk mengetahui pengaruh electronic word of mouth
terhadap buying interest, untuk mengetahui buying interest terhadap buying
decision, untuk mengetahui brand image terhadap buying decision melalui
buying interest, untuk mengetahui electronic word of mouth terhadap buying
decision melalui buying interest.Sampel penelitian ini yang digunakan adalah
96 orang responden konsumen Erigo di Kecamatan Medan Timur. Teknik
pengumpulan data SEM-PLS 4.0. (1) Brand image berpengaruh signifikan
terhadap buying decision memperoleh P-value sebesar 0,017 < 0,05. (2) Brand
image berpengaruh signifikan terhadap buying interest memperoleh P-value
sebesar 0,000 < 0,05. (3) Electronic word of mouth berpengaruh signifikan
terhadap buying decision memperoleh P-value sebesar 0,006 < 0,05. (4)
Electronic word of mouth berpengaruh signifikan terhadap buying interest
memperoleh P-value sebesar 0,003 < 0,05. (5) Buying interest berpengaruh
signifikan terhadap buying decision memperoleh P-value sebesar 0.001 <
0,05. (6) Brand image terhadap buying decision melalui buying interest
memperoleh P-value sebesar 0,014 < 0,05 maka hasilnya signifikan yang
artinya variabel mediator memediasi pengaruh suatu variabel yang
mempengaruhi terhadap suatu variabel yang dipengaruhi. Dengan kata lain
pengaruhnya tidak langsung. (7) Electronic word of mouth terhadap buying
decision melalui buying interest memperoleh P-value sebesar 0,013 < 0,05
maka hasilnya signifikan yang artinya variabel mediator memediasi pengaruh
suatu variabel yang mempengaruhi terhadap suatu variabel yang dipengaruhi.
Dengan kata lain pengaruhnya tidak langsung.