dc.description.abstract |
U-turn adalah salah satu cara pemecahan dalam manejemen lalu lintas jalan arteri
kota yang diharapkan mampu meminimalkan konflik-konflik yang akan terjadi,
baik itu arus yang datang dari searah atau arus lalu lintas yang berlawanan arah.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja u-turn serta tingkat pelayanan
jalan dan untuk mengetahui waktu tempuh rata-rata kendaraan yang melakukan u
turn, kecepatan kendaraan saat melakukan u-turn dan panjang antrian yang
melakukan aktifitas u-turn pada ruas Jalan Letda Sujono Kota Medan. Jenis survey
yang dilakukan untuk pengumpulan data primer ialah Geometrik Jalan, Volume
Lalu Lintas, Hambatan Samping, dan Waktu Tempuh Kendaraan U-Turn. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa waktu tempuh rata-rata kendaraan yang terbesar
saat melakukan u-turn 32,45 detik dengan kecepatan kendaraan sebesar 5,55
km/jam, dengan antrian saat melakukan u-turn sepanjang 25 meter. untuk volume
lalu lintas sebesar 1588,1 smp/jam, kapasitas 1641 smp/jam, dengan derajat
kejenuhan sebesar 0,96 maka dapat diketahui bahwa tingkat pelayanan jalan Letda
Sujono memiliki tingkat pelayanan level C, yaitu Arus stabil tetapi pergerakan
kendaraan dikendalikan oleh volume lalu lintas yang lebih tinggi dengan kecepatan
sekurang-kurangnya 60(enam puluh) kilometer per jam, kepadatan lalu lintas
sedang karena hambatan samping internal lalu lintas meningkat dan Pengemudi
memiliki keterbatasan untuk memilih kecepatan, pindah lajur atau mendahului. |
en_US |