dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Media Pembelajaran Spinning Wheel
Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Mata Pelajaran IPA kelas V SD Pertiwi
Medan. Penelitian ini dilatar belakangi dengan kegiatan awal yang dilakukan oleh
peneliti yaitu wawancara dengan guru kelas V SD Pertiwi Medan, yang menyatakan
bahwa masih terdapat beberapa siswa yang berada dibawah Kriteria Ketentuan
Minimal (KKM). Penelitian ini dilaksanakan dari bulan Januari sampai bulan Februari
tahun 2024. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan
instrumen penelitian berupa tes, yakni one group Pretest-Posttest design, yaitu
penelitian eksperimen yang dilakukan untuk satu kelompok saja. Design penelitian ini
diukur dengan menggunakan pretest yang dilakukan sebelum diberi perlakuan dan
postest setelah dilakukan perlakuan. hasil uji t yang menunjukan hasil signifikansi
sebesar 0,000 yang dimana lebih kecil dari 0.05. Dengan demikian H0 ditolak dan Ha
diterima. hasil uji t yang menunjukan hasil signifikansi sebesar 0,000 yang dimana
lebih kecil dari 0.05. Dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil
Uji tersebut maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media
Spinning Wheel (X1) terhadap Kemampuan Berpikir Krits Siswa (Y) pada Mata
Pelajaran IPA |
en_US |