Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi metode bil qolam
dalam aktivitas membaca Al-Qur‟an siswa SMP YPMA Medan. Penelitian ini
dilakukan berdasarkan adanya metode bil qolam yang dilakukan oleh guru Al
Qur‟an di SMP YPMA Medan. Metode penelitian ini menggunakan penelitian
kualitatif,
dengan jenis penelitian lapangan (field research). Tekhnik
pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dalam penelitian ini
menggunakan beberapa langkah yaitu, data reduction (reduksi data), data display
(penyajian data), dan conclusion drawing/verification (kesimpulan/verifikasi).
Tekhnik keabsahan data menggunakan metode triangulasi. Berdasarkan hasil
penelitian data dan analisis disimpulkan bahwa persiapan pembelajaran Al-Qur‟an
dengan menggunakan metode bil qolam belum mengacu pada buku panduan bil
qolam, pengelompokan kelas Al-Qur‟an di SMP YPMA Medan berdasarkan
tingkatan kelas saja. Pada buku panduan bil qolam persiapan dilakukan dengan
mengadakan placement tes atau pengelompokan kelas sesuai dengan kemampuan
siswa. Pengelompokan kelas terbagi menjadi 2 yaitu kelas tahqiq, dan kelas tartil.
Pada kelas tahqiq siswa harus melalui 4 tahap pembelajaran yang dibagi menjadi
4 kelompok, yaitu kelompok jilid1, jilid 2, jilid 3, dan jilid 4. Pelaksanaan
pembelajaran Al-Qur‟an di SMP YPMA tidak memiliki target bacaan bil qolam
sesuai dengan panduan. Evaluasi yang dilakukan guru Al-Qur‟an belum
menggunakan buku panduan bil qolam, di SMP YPMA Medan evaluasi yang
dilakukan adalah penilaian harian, UTS, dan UAS. Sedangkan evaluasi pada buku
panduan bil qolam penilaian terbagi menjadi penilaian harian, penilaian
mingguan, dan kenaikan jilid.