Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menguji
pengaruh harga dan kualitas beras Sigupai terhadap kepuasan konsumen.
Pendekatan studi kasus digunakan dalam penelitian ini, dan melibatkan pengamatan
langsung di lapangan serta interaksi dengan konsumen yang membeli beras Sigupai.
Sampel dipilih menggunakan metode Accidental Sampling, yaitu 31 responden.
Data yang dikumpulkan dari responden dianalisis menggunakan teknik regresi
linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa harga dan kualitas beras
Sigupai mempengaruhi kepuasan konsumen di Kecamatan Blangpidie, Kabupaten
Aceh Barat Daya. Dari kedua variabel tersebut yaitu harga (X1) dan kualitas (X2),
harga memiliki pengaruh paling kuat terhadap kepuasan konsumen (Y), dengan
koefisien tak terstandarisasi sebesar 0,477, dan lebih tinggi dari koefisien kualitas
sebesar 0,143. Kesimpulannya yaitu variabel harga dan variabel kualitas
mempengaruhi kepuasan konsumen secara positif di Kecamatan Blangpidie,
Kabupaten Aceh Barat Daya.