dc.description.abstract |
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi
siswa kelas XI AK SMK Tarbiyah Islamiyah. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learning dengan pendekatan
scientific terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas XI AK di SMK Tarbiyah
Islamiyah tahun pembelajaran 2017/2018.
Penelitian dilaksanakan di SMK Tarbiyah Islamiyah Hamparan Perak.
Populasi yang digunakan adalah seluruh kelas XI AK yang terdiri dari satu kelas
yang berjumlah 38 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah
total sampling sehingga ditetapkan sampel yang digunakan adalah seluruh kelas
XI AK yang berjumlah 38 orang sebagai sampel penelitian.
Instrumen dalam penelitian menggunakan angket sebanyak 15 item dan
tes tertulis sebanyak 10 soal.
Teknik analisis data dilakukan dengan cara melakukan uji hipotesis,
anlisis regresi liner sederhana, dan koefisien determinasi.
Dari perhitungan diperoleh bahwa nilai thitung untuk variabel X sebesar
13,274. Untuk n = 38, diperloleh dk = n-2 = 38 – 2 = 36. Dengan α = 0,05,
diperoleh ttabel = 1,688. Karena nilai thitung (13,274) > ttabel (1,688), maka dapat
disimpulkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan model pembelajaran
discovery learning dengan pendekatan scientific terhadap hasil belajar. Dari
perhitungan regresi linier sederhana diperoleh persamaan : Y = 41,878 + 0,773X.
Ini menunjukan bahwa setiap peningkatan model pembelajaran discovery learning
dengan pendekatan scientific 1%, maka akan terjadi peningkatan hasil belajar
sebesar 77%. Nilai koefisien determinasi sebesar 0,830 menujukan bahwa model
pembelajaran discovery learning dengan pendekatan scientific mempengaruhi
hasil belajar akuntansi siswa sebesar 0,830 x 100% = 83%. |
en_US |