Abstract:
Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and development) yang
menghasilkan suatu produk berupa media pembelajaran Counting Box pada mata
pelajaran matematika di kelas II SDN 101788 Marindal. penelitian ini bertujuan
untuk mengkaji kevalidan media Counting Box dalam pembelajaran matematika
materi perkalian dan pembagian kelas II SDN 101788 Marindal, untuk mengkaji
kepraktisan media Counting Box dalam pembelajaran matematika materi perkalian
dan pembagian kelas II SDN 101788 Marindal. penelitian ini menggunakan model
ADDIE yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation yang
dimodifikasi hanya sampai pada tahap Implementation. hasil pengembangan yang
dilakukan dengan penilaian para ahli yaitu validator ahli design media 92,85%
“sangat valid”, ahli materi 98% “sangat valid”, dan ahli bahasa 86% “sangat valid”.
pada kepraktisan pendidik yang diambil dari respon guru mendapatkan 98,46%
dalam kategori “sangat praktis”. pada uji coba yang dilakukan di kelas II SDN
101788 marindal dengan jumlah siswa 25 orang. dari seluruh respon siswa
mendapatkan 94,44% dengan kategori “sangat praktis”.