dc.description.abstract |
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa di kelas III SD Pab 13,
karena metode yang digunakan oleh guru kurang menarik. Rumusan masalah yang terdapat pada
penelitian ini yaitu apakah terdapat peningkatan motivasi belajar siswa dengan penerapan
metode inquiry pada pembelajaran ipa dan bagaimana peningkatan motivasi belajar siswa
sesudah adanya penerapan metode inquiry pada pembelajaran IPA kelas III SD PAB 13.
Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui adanya peningkatan motivasi belajar siswa
dengan penerapan metode Inquiry pada pembelajaran IPA dan untuk menganalisis tingkat
peningkatan motivasi belajar siswa setelah mendapat penerapan metode Inquriy pada
pembelajaran IPA di kelas III SD PAB 13 .
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Tindakan kelas (PTK).
Penelitian ini dilaksanakan pada semester II tahun ajaran 2023/2024 dalam dua siklus. Subjek
penelitian ini adalah siswa kelas III SD Pab 13 yang berjumlah 23 siswa yang terdiri 10
perempuan dan 13 laki-laki. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan aktivitas
guru. Instrumen penelitian berupa angket dan aktivitas guru. Teknik analisis data yang dilakukan
secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan motivasi
belajar siswa pada muatan pembelajaran IPA di kelas III SD Pab 13. Pada siklus I terdapat 3
siswa ( 13%) kriteria sangat baik, kriteria baik 13 siswa (57%), 1 siswa (4%) kriteria cukup dan 6
siswa (26%) kriteria kurang, sedangkan siklus II hasilnya mengalami peningkatan lagi yaitu
meningkat terdapat 5 siswa (22%) kriteria sangat baik, 14 siswa (62%) kriteria baik, kriteria
cukup terdapat 2 siswa (8%) dan 2 siswa (8%) kriteria kurang. Dengan demikian ada
peningkatan persentase dari siklus I ke siklus II sebanyak 3 siswa. Selain itu keaktifan siswa
dalam mengikuti pelajaran juga meningkat. Hal ini ditandai dengan meningkatnya motivasi
belajar siswa dalam bertanya, menjawab pertanyaan dan mengemukakan pendapat |
en_US |