dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan
media pembelajaran akuntansi berbasis edmodo terhadap hasil belajar siswa pada
pokok bahasan Jurnal Khusus dikelas XI SMK YPK Medan T.P 2017/2018.
Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas XI Ak yang terdiri dari dua kelas
yang berjumlah 55 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah
purposive sampling sehingga ditetapkan sampel yang digunakan adalah kelas XI
Ak 1 berjumlah 33 orang sebagai sampel penelitian. Instrumen penelitian ini
adalah kuesioner (angket) dan observasi. Dari hasil analisis data angket diperoleh
mean sebesar 91,64 dan standar deviasi sebesar 15,037. Sedangkan untuk data
hasil belajar diperoleh mean sebesar 83,833 dan standar deviasi sebesar 3,6543.
Penelitian menggunakan uji normalitas untuk mengetahui normalitas data angket
terhadap hasil belajar dan menggunakan uji regresi linear untuk mengetahui
hubungan antara variabel penggunaan media (x) dengan variabel hasil belajar (y).
Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t dua pihak dengan dk =
N-2 pada α= 0,05. Dari data perhitungan hipotesis diperoleh t hitung > t tabel
pada 4,027 > 2,039, yang artinya Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian
dapat disimpulkan bahwa Ada Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran
Akuntansi Berbasis Edmodo Terhadap Hasil Belajar Pada SMK YPK Medan T.P.
2017/2018 |
en_US |