Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan
keefektifan terhadap Pengembangan E-LKPD Berbasis Audio Visual Untuk
Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII SMP
Muhammadiyah 1 Medan. Adapun subjek dalam penelitian adalah sekelompok
kecil dari siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Medan yang berjumlah 28
orang, dan objek dalam penelitian ini adalah bahan ajar berupa E-LKPD
berbasis audio visual pada pokok bahasan pola bilangan. Model pengembangan
modul yang digunakan dalam penelitian ini adalah model 4D yang meliputi
Pendefinisian (Define), perencanaam (Design), pengembangan (Develop) dan
Penyebaran (Disseminate). E-LKPD yang telah dibuat memenuhi kriteria
kevalidan berdasarkan penilaian validator yang ditunjukkan dengan
menggunakan lembar validasi oleh ahli materi dan ahli media. Hasil validasi
ahli media memperoleh skor rata-rata 3,65 dengan kategori sangat valid, dan
hasil validasi ahli materi mencapai rata-rata 3,55 dengan kategori sangat valid.
Aspek kepraktisan dinilai berdasarkan lembar angket respon siswa memperoleh
persentase nilai keseluruhan angket yaitu 85,89%, dan aspek keefektifan
memenuhi (1) ke l
tuntasan be l
lajar siswa se l
cara klasikal yaitu minimal 85% siswa
yang me l
ngikuti pe l
mbe l
lajaran mampu me l
ncapai skor minimal 75,(2)
rcapaian tujuan pe l
mbe l
lajaran 75%, dan (3) waktu pe l
mbe l
lajaran. Hasil tes
te l
kemampuan berpikir kritis diukur dengan menggunakan pre test dan post test.
Hasil tes kemampuan berpikir kritis meningkat, yaitu 22 orang memperoleh
hasil kriteria tinggi (g > 0,7) dan 6 orang siswa memperoleh hasil kriteria
sedang (g < 0,7)