Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas layanan bimbingan
klasikal untuk meningkatkan pemahaman gaya belajar siswa SMA Kelas X
Jendral Sudirman SMA Budi Agung Medan Tahun Ajaran 2023/2024. Hasil
pengamatan menunjukkan bahwa adanya siswa yang mengalami kesulitan
menentukan cara belajar dan menentukan strategi belajar yang efektif. Penelitian
ini menggunakan one group pretest posttest design dengan sampling 37 siswa.
Teknik analisis data termasuk pengujian efektivitas, normalitas, dan hipotesis.
Hasil uji normalitas diperoleh nilai signifikansi pretest ,134 posttest ,200 lebih
dari (>) 0,05 artinya data berdistribusi normal. Hasil uji hipotesis menggunakan
uji t menunjukkan bahwa ada keefektifan yang signifikan dari layanan bimbingan
klasikal untuk meningkatkan pemahaman gaya belajar siswa kelas X Jendral
Sudirman SMA Budi Agung Medan. Terlihat dari nilai signifikansi 0,000 < 0,05,
sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan pada pemahaman gaya
belajar pada diri siswa sebelum dan sesudah diberikan layanan bimbingan
klasikal. Artinya layanan bimbingan klasikal efektif untuk meningkatkan
pemahaman gaya belajar siswa kelas X Jendral Sudirman SMA Budi Agung
Medan Marelan Tahun Ajaran 2023/2024.