Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/handle/123456789/25455
Title: Pengaruh Media Gambar Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Materi Bidang Datar Siswa Kelas II SDN 064967 Medan Timur
Authors: Eliza, Nur
Keywords: Model Gambar;Kemampuan Representasi Matematis
Issue Date: 7-Aug-2024
Publisher: UMSU
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk melihat Pengaruh Media Gambar Terhadap Kemampuan Representasi Materi Bidang Datar Siswa Kelas II SDN 064967 Medan Timur. Jenis Penelitian ini adalah eksperimen menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian bentuk tunggal (one grup pre-test dan post test design). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II SD Negeri 064967 Medan Timur. Sampel dalam penelitian ini diambil dari seluruh siswa kelas II yang berjumlah 27 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian dilakukan melalui tes, observasi, dan dokumentasi. Dari tabel deskripsi peningkatan kemampuan representasi matematis (Uji N-Gain) dapat dilihat bahwa nilai rata-rata pre-test sebelum di beri perlakuan yaitu 63,3 dan setelah diberi perlakuan nilai rat-rata post-test yaitu 90,3 selanjutnya dari tabel deskripsi peningkatan kemampuan representasi matematis (Uji N-Gain) dapat dilihat bahwa 67% siswa mengalami peningkatan kemampuan representasi matematis dengan interpretasi tinggi dan 30% siswa mengalami kemampuan representasi matematis interpretasi dan 3% siswa mengalami kemampuan representasi matematis interpretasi rendah. Data analisis dengan menggunakan rumus uji t. Berdasarkan tabel uji t, diketahui bahwa nilai sig.(2-tailed) untuk nilai pre-test dan post-test adalah sebesar 0,00 <0,05, maka Ho dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Media Gambar Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Materi Bidang Datar Siswa Kelas II SDN 064967 Medan Timur.
URI: https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/25455
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Skripsi Nur Eliza (4).pdf7.08 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.