Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Media Puzzle
Huruf Terhadap Kemampuan Membaca Siswa Kelas II Di Sekolah Dasar
Muhammadiyah 32 Medan. Jenis penelitian ini adalah desain penelitian. Teknik
sampling penelitian ini adalah siswa Kelas II Di Sekolah Dasar Muhammadiyah 32
Medan Tahun Ajaran 2023/2024 yang berjumlah 20 siswa. Penelitian ini
dilaksanakan pada bulan April-Juli Tahun Ajaran 2023/2024. Teknik pengumpulan
data yang digunakan adalah dengan menggunakan observasi. Analisis data
dilakukan dengan melakukan uji keabsahan data, uji persyaratan analisis dan juga
uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Berdasarkan hasil uji hipositas
dapat dilihat bahwa nilai sig (2-tailed) adalah 0,000. Nilai tersebut menyatakan
bahwa 0,000 < 0,05, menunjukkan terdapat pengaruh. Kemudian diketahui bahwa
mean dari sebelum terhadap sesudah ialah sebesar 21.300. Maka terdapat
peningkatan yang signifikasi pada skor sesudah menggunakan Puzzle huruf. Maka
Ha diterima dan H0 ditolak. Dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh
Penggunaan Media Puzzle Huruf Terhadap Kemampuan Membaca Siswa Kelas II
Di Sekolah Dasar Muhammadiyah 32 Medan.