Abstract:
Penelitian tindakan kelas ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan
membaca siswa kelas II di SD Negeri 002 Teluk Nilap . Rumusan masalah yang
terdapat pada penelitian ini adalah bagaimana upaya peningkatan kemampuan
membaca dengan menggunakan media kartu huruf pada siswa kelas II SD Negeri
002 Teluk Nilap. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keampuan
membaca siswa dengan menggunakan media kartu huruf pada sisa kelas II SD
Negeri 002 Teluk Nilap .
Jenis penelitian ini penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan di
SD Negeri 002 Teluk Nilap . subjek penelitian ini berjumlah 10 siswa yang terdiri
4 perempuan dan 6 laki laki . teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes
dan non tes. Intrumen penelitian ini berupa tes dan lembar observasi .
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil kemampuan
membaca siswa dikelas II SD Negeri 002 Teluk Nilap . hasil kemampuan
membaca sebelum menggunakan media kartu huruf terdapat 30% dari 30 siswa
belum bisa membaca . pada siklus I terdapat 3 siswa yang tuntas dengan
persentase 30% dan siswa yang tidak tuntas 7 siswa dengan persentase 70%
berarti ada peningkatan tindakan di siklus I sebanyak 3 siswa . sedangkan siklus II
hasil nya mengalami penngkatan lagi yaitu meningkat terdapat 7 siswa sehingga
persentase ketuntasan menjadi 100%.