Abstract:
Rumah sakit adalah salah satu organisasi sektor publik yang bergerak dalam bidang
pelayanan jasa kesehatan yang mempunyai tugas melaksanakan suatu upaya
kesehatan secara berdaya guna dengan mengutamakan upaya penyembuhan dan
pemulihan yang telah dilaksanakan. Tujuan pemasaran rumah sakit adalah
memperkenalkan rumah sakit pada masyarakat luas, menginformasikan sejelas jelasnya mengenai fasilitas dan kemampuan pelayan yang dimiliki oleh rumah sakit
pada masyarakat dan segenap warga rumah sakit, membentuk dan membina citra
rumah sakit melalui kepercayaan dan penghargaan masyarakat terhadap kemampuan
rumah sakit, pemanfaatan sumber daya rumah sakit secara optimal dan disamping itu
rumah sakit juga mengharapkan terjadinya peningkatan penghasilan. Metode
penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data
melalui wawancara dan pengamatan (observasi). Teknik analisis data yang
digunakan dalam penelitian ini Pengumpulan Data, Reduksi Data, Penyajian Data,
Penarik Kesimpulan.Adapun hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa
komunikasi pemasaran pada Rumah Sakit Colombia Asia Aksara sangat penting
dalam meningkatkan kunjungan pasien. Media komunikasi pemasaran yang
dilakukan oleh Rumah Sakit Colombia Asia yaitu melalui media sosial, website, dan
email.