Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media puzzle dalam
menyusun huruf menjadi kata terhadap kemampuan membaca siswa kelas 2 UPT
SDN 104190 Paluh Kurau, populasi berjumlah 34 orang siswa yang terdiri dari
dua kelas yaitu 2B kelas kontrol berjumlah 17 orang siswa dan kelas 2A kelas
eksperimen berjumlah 17 orang siswa. Analisis yang digunakan yaitu uji validasi
ahli (expert judgement), uji normalitas, uji homogenitas, uji paired Sampel Test.
Berdasrkan hasil pengujian paired samples test (uji-t) diperoleh hasil bahwa nilai
signifikan (sig.2-tailed) denga uji-t adalah 0.000, dengan demikian nilai
signifikansinya dibawah 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat
pengaruh antara penggunaan media puzzle dalam menyusun huruf menjadi kata
terhadap kemampuan membaca siswa kelas 2 UPT SDN 104190 paluh kurau.