Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/handle/123456789/25425
Title: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS DI KELAS V SD 104190 PALUH KURAU
Authors: HIJRIAH, SITI
Keywords: Think Pair Share (TPS) kemampuan berpikir kritis dan Siswa
Issue Date: 22-Aug-2024
Publisher: umsu
Abstract: Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui bagaimana pengaruh Model Pembelajaran kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPAS di SD 104190 Paluh Kurau, siswa Kelas VA dan VB SD 104190 Paluh Kurau yang berjumlah 40 orang siswa. Penentuan kelas yang akan menjadi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, dalam penelitian ini menentukan jumlah sampel sebesar 40 orang yaitu keseluruhan dari jumlah populasi, teknik analisis data yang digunakan dalam peneltian ini adalah penelitian ini menggunakan uji t (Independent Samples Test ). Berdasarkan output Independent Samples Test diperoleh nilai sig (2 tailed) sebesar 0,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan terdapat korelasi antara rata-rata hasil kemampuan berpikir kritis siwa untuk pre-test kelas eksperimen dengan post-test eksperimen Berdasarkan ouput Paired Samples Test diperoleh nilai t sebesar 37.763 dan nilai sig. (2 tailed) sebesar 0,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan ada perbedaan rata-rata hasil kemampuan berpikir kritis siswa untuk pre-test kelas kontrol dengan post-test kontrol dan penelitian ini menerima hpotesis bahwa terdapat pengaruh Model Pembelajaran kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPAS di SD 104190 Paluh Kurau
URI: https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/25425
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI SITI HIJRIAH.pdfFull Text1.97 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.