Abstract:
Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui bagaimana pengaruh Model
Pembelajaran kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) terhadap kemampuan
berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPAS di SD 104190 Paluh Kurau, siswa
Kelas VA dan VB SD 104190 Paluh Kurau yang berjumlah 40 orang siswa.
Penentuan kelas yang akan menjadi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol,
dalam penelitian ini menentukan jumlah sampel sebesar 40 orang yaitu
keseluruhan dari jumlah populasi, teknik analisis data yang digunakan dalam
peneltian ini adalah penelitian ini menggunakan uji t (Independent Samples Test ).
Berdasarkan output Independent Samples Test diperoleh nilai sig (2 tailed)
sebesar 0,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan terdapat korelasi antara rata-rata
hasil kemampuan berpikir kritis siwa untuk pre-test kelas eksperimen dengan
post-test eksperimen Berdasarkan ouput Paired Samples Test diperoleh nilai t
sebesar 37.763 dan nilai sig. (2 tailed) sebesar 0,000 < 0,05 maka dapat
disimpulkan ada perbedaan rata-rata hasil kemampuan berpikir kritis siswa untuk
pre-test kelas kontrol dengan post-test kontrol dan penelitian ini menerima
hpotesis bahwa terdapat pengaruh Model Pembelajaran kooperatif Tipe Think
Pair Share (TPS) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran
IPAS di SD 104190 Paluh Kurau