dc.description.abstract |
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntasi siswa
kelas XII IPS 3 SMA Dharmawangsa Medan. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui Pengaruh Strategi Pembelajaran True or False Berbantu Media
Papan Putar terhadap Hasil Belajar Akuntansi Kelas XII IPS SMA
Dharmawangsa Medan Tahun Pelajaran 2016/2017’
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Dharmawangsa Medan yang
beralamat di jalan Yos Sudarso No.224, Glugur Kota, Medan Barat, Kode pos
20235. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII IPS SMA
Dharmawangsa Medan T.P 2016/2017 yang terdiri dari 4 kelas dengan jumlah
129 orang sedangkan Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII
IPS-3 yang terdiri dari 33 orang yang diambil dengan tehnik Purposive Sampling.
Instrumen penelitian dengan menggunakan tes tertulis berbentuk uraian. Tes
sebanyak 16 soal yang dibagi kedalam dua bagian yaitu 8 soal pada pre-test dan 8
soal pada post-test yang terlebih dahulu diuji validitas dan reliabilitasnya.
Dari hasil analisis data pre-test diperoleh rata-rata hasil pre-test 67,42 dan
standar deviasi 9,41. Sedangkan data post-test diperoleh rata-rata hasil post-test
84,61 dan standar deviasi 8,96. Penelitian ini menggunakan uji Lilifors untuk
mengetahui normalitas data hasil belajar dan uji F untuk mengetahui Homogenitas
data. Hipotesis dilakukan dengan uji t dua pihak dengan dk= N-1 padaα = 0,05.
Berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 9,357
>1,693 yang artinya H0 ditolak dan Ha diterima.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa “Ada pengaruh Strategi
Pembelajaran True or False Berbantu Media Papan Putar terhadap Hasil Belajar
Akuntansi Kelas XII IPS SMA Dharmawangsa Medan Tahun Pelajaran
2016/2017”. |
en_US |