dc.description.abstract |
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor yang paling
mempengaruhi dalam keputusan pembelian yaitu, harga dan lokasi dalam
memutuskan pembelian produk parfum non alkohol pada mahasiswa manajemen
bisnis syariah UMSU, dan menganalisis faktor manakah yang paling dominan
dalam mempengaruhi keputusan pembelian. Populasi yang digunakan dalam
penelitian ini adalah mahasiswa manajemen bisnis syariah UMSU yang
menggunkan parfum non alkohol dengan jumlah 74 responden dengan
menggunakan Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive
sampling yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu yang telah
ditentukan terlebih dahulu oleh peneliti.
Metode analisis yang digunakan adalah analisis kuantitatif yaitu analisis
regresi berganda. Analisis ini meliputi: uji validitas dan reliabilitas, analisis
regresi berganda, pengujian hipotesis melalui uji t dan uji f dan determinasi (R2).
Pengujian analisis determinasi
(R2
) menyatakan nilai Adjusted R Square
23.8 %. Hal ini berarti bahwa variabel , harga, dan lokasi terhadap keputusan
pembelian memiliki kontribusi sebesar 76,2%. Pengujian secara parsial
(uji t
)
diketahui, variabel yang paling rendah pengaruhnya adalah variabel harga
(X1)
dengan nilai β sebesar 0.413 dan variabel yang paling berpengaruh paling pesat
terhadap keputusan pembelian adalah variabel lokasi
(X2) dengan nilai β sebesar
3.955 Pengujian secara simultan
(uji F
) diketahui bahwa variabel harga dan lokasi
secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan
pembelian. |
en_US |