dc.description.abstract |
Tujuan penelitian ini adalah: 1). Mengetahui pengaruh Disiplin belajar terhadap
hasil belajar kelas XI AP SMK Swasta PAB 8 samapali Tahun Pembelajaran
2016/2017.2) Mengetahui pengaruh keaktifan siswa terhadap hasil belajar
siswa.3)Mengetahui Pengaruh Disiplin belajar dan keaktifan siswa terhadap hasil
belajar kelas.Masalah 1),kurangnya kedisiplinan siswa pada saat proses pembelajaran
akuntansi 2).kurangnya keaktifan siswa.3)rendahnya hasil belajar
siswa.Rumusan,1)apakah ada pengaruh disiplin belajar akuntansi.2)apakah ada
pengaruh keaktifan siswa dalam pembelajaran terhadap hasil belajar akuntansi.3)apakah
ada pengaruh disiplin belajar dan keaktifan siswa secara berasaman dalam pembelajaran
akuntansi. Subjek penelitian ini yaitui siswi kelas XI AP 2 Tahun Pembelajaran
2016/2017 yang berjumlah 43 siswa. pengumpulan data dengan menggunakan angket
dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik statistika deskriptif, uji
asumsi klasik dan analisis regresi berganda.
Hasil penelitian menunjukkan: 1). Ada pengaruh yang positif variabel disiplin
belajar terhadap variabel hasil belajar akuntansi yang ditunjukkan thitung (2,039) > ttabel
(2,69) dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. 2). Ada pengaruh yang positif variabel
keaktifan siswa terhadap variabel hasil belajar akuntansi yang ditunjukkan (18,508) >
ttabel (3,21) dengan nilai signifikansi 0,013 < 0,05. 3). Ada pengaruh yang positif
variabel disiplin belajar dan keaktifan siswa terhadap variabel hasil belajar akuntansi
dengan nilai Fhitung 18,508) > Ftabel (3,21) dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05, dan
nilai Adjusted R Square yaitu sebesar 0,481 atau 48,1% |
en_US |