Abstract:
Penelitian ini mengkaji tentang bagaimana pemanfaatan media sosial sebagai
media komunikasi pemasaran IndiHome dalam meningkatkan brand reputation.
Di era digital saat ini, penggunaan internet dan media sosial telah menjadi sangat
penting dalam strategi pemasaran. IndiHome memanfaatkan berbagai platform
media sosial seperti Instagram, TikTok, YouTube, dan Twitter untuk berinteraksi
dengan pelanggan dan memperkuat reputasi merek mereka. Penelitian ini
difokuskan pada pemanfaatan akun media sosial Instagram @mysumatera dan
TikTok @mysumateraofc oleh IndiHome Area 1 Sumatera. Tujuan penelitian ini
adalah untuk mengetahui pemanfaatan media sosial sebagai media komunikasi
pemasaran IndiHome dalam meningkatkan brand reputation. Metode penelitian
yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui
wawancara mendalam dengan beberapa narasumber, termasuk Digital Campaign
area 1 sumatera, Social Media Specialist area sumatera, Content Creator area 1
sumatera dan pelanggan IndiHome. Analisis data penelitian menggunakan tahapan
reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian
menujukkan bahwa pemanfaatan media sosial IndiHome yang mencakup
konsistensi konten, interaksi aktif, respon cepat, dan program loyalitas telah
berhasil meningkatkan reputasi merek dan membangun hubungan yang kuat
dengan pelanggan