Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Layanan Bimbingan
Kelompok Menggunakan Teknik Brainstrorming Untuk Mengurangi Tingkat
Kecemasan Akademik Siswa Kelas X SMA Swasta PAB 8 Saentis. Penelitian ini
merupakan penelitian kuantitatif dengan tipe penelitian eksperimen. Objek dari
penelitian ini adalah siswa kelas X5 SMA Swasta PAB 8 Saentis, peneliti
menggunakan 8 siswa sebagai sampel dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan
data dalam penelitian ini menggunakan angket kepada siswa untuk mengetahui
tingkat kecemasan akademik. Hasil penelitian ini menunjukan adanya penurunan
pada tingkat kecemasan akademik siswa setelah dilakukan layanan bimbingan
kelompok, maka dapat dikatakan bahwa layanan bimbingan kelompok dengan
menggunakan teknik brainstorming efektif dalam mengurangi tingkat kecemasan
akademik pada siswa. Hasil uji analisis menggunakan uji Wilcoxon Signed Ranks
Test dengan Probabilitas Asymp. Sig. (2 tailed) siswa pada kelompok eksperimen
sebesar 0,012 probabilitas dibawah alpha 0,05 dimana(0,012<0.05) dan uji
analisis Kolmogorov Smirnov Two Independent Samples diperoleh nilai Asymp
Sig kurang dari alpha (0,001<0,05). Berdasarkan hasil penelitian dapat dilihat
bahwa layanan bimbingan kelompok dengan menggunakan teknik Brainstorming
efektif untuk mengurangi tingkat kecemasan akademik siswa kelas X SMA swasta
PAB 8 Saentis