Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peranan layanan bimbingan
kelompok teknik modeling untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas X
SMA Swasta PAB 8 Saentis tahun pelajaran 2023/2024. Adapun penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan terdapat siswa
yang Tingkat motivasinya sangat rendah. Melalui layanan bimbingan kelompok
teknik modeling diharapkan motivasi belajar siswa dapat ditingkatkan. Jadi,
penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana motivasi belajar siswa sebelum
mendapatkan layanan bimbang kelompok teknik modeling, dan untuk mengetahui
apakah layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.
Motivasi belajar sudah dilaksanakannya layanan bimbingan kelompok teknik
modeling peningkatannya cukup baik namun kemampuannya berbeda-beda, ada
beberapa siswa yang masih tidak termotivasi, peka dan tanggap dengan
pembelajaran, serta antusiasmenya mengikuti pelajaran yang masih kurang. Dari
hasil peneliti, penerapan layanan bimbingan kelompok teknik modeling untuk
meningkatkan motivasi belajar siswa di kelas X SMA PAB 8 Saentis terbilang
cukup efektif dan efisien.