Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/handle/123456789/25357
Title: Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) terhadap Keterampilan Menulis Ringkasan Kelas III SDS Bina Taruna Medan
Authors: Sari, Tiara Maya
Keywords: Model;Cooperative Integrated Reading;Composition;Keterampilan Menulis Ringkasan
Issue Date: 10-Sep-2024
Publisher: UMSU
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan menulis ringkasan siswa dengan menggunakan model pembelajaran cooperative integrated reading and composition pada pelajaran Bahasa indonesia di kelas III SDS Bina Taruna Medan. Jenis penelitian iini iadalah ipenelitian ikuantitatif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar test yang digunakan untuk memperoleh data yang berkaitan dengan keterampilan menulis ringkasan siswa. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan uji hipotesis untuk mengetahui adakah pengaruh dari penggunaan model pembelajaran cooperative integrated reading and composition terhadap keterampilan menulis ringkasan. Dari hasil penelitian Terdapat peningkatan yang signifikan dalam keterampilan menulis ringkasanmsiswa kelas III setelah penerapan penggunaan model pembelajaran cooperative integrated reading and composition. Sebelum penerapan model pembelajaran cooperative integrated reading and composition, nilai rata-rata keterampilan menulis ringkasan siswa adalah 58.95. Setelah penerapan model tersebut, nilai rata-rata meningkat menjadi 81.39. Peningkatan mean sebesar -52.4348 poin ini menunjukkan bahwa siswa menjadi lebih terampil dan terlibat dalam proses pembelajaran setelah model pembelajaran cooperative integrated reading and composition diterapkan. Hal ini dibuktikan Nilai signifikansi (Sig. (2-tailed)) yang dihasilkan adalah 0.000, yang jauh lebih kecil dari ambang batas signifikansi yang umumnya digunakan (0.05). Dengan demikian, hasil uji t-test ini menolak hipotesis nol (H0) yang menyatakan tidak ada perbedaan yang signifikan dalam keterampilan menulis ringkasan siswa sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran cooperative integrated reading and composition, dan menerima hipotesis alternatif (Ha) yang menyatakan adanya perbedaan yang signifikan.
URI: https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/25357
Appears in Collections:Primary Teacher Education



Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.