Abstract:
Bus Trans Metro Deli ini merupakan salah satu bagian dari Bus Rapid Transit
(BRT). Bus Trans Metro Deli ini ialah program Buy the Sevice dari Dinas
Perhubungan guna meningkatkan angkutan jalan universal di perkotaan, memakai
teknologi telekomunikasi non tunai yang handal untuk meningkatkan keamanan
serta kenyamanan dalam berpergian. Analisis Costumer Satisfaction Index
digunakan untuk mengetahui kualitas pelayanan terhadap fasilitasa Bus Trans
Metro Deli dan dilakukan analisis data yang bernilai 90.41% menunjukkan secara
keseluruhan penumpang masih merasa ‘sangat puas’ dengan pelayanan yang
diberikan oleh pihak Trans Metro Deli. Analisis gap digunakan untuk mengetahui
kesenjangan antara persepsi dan harapan pelanggan dari atribut pelayanan yang
sudah dikelompokan ke dalam 5 dimensi servqual.dan dan didapatkan nilai GAP
dari setiap atribut Tangible senilai -0.27 Reliability senilai -0.35 Responsiveness
senilai -0.42 Emapthy senilai -.0.21 Assurance senilai -0.23 berdasarkan tingkat
kepentingan dan kinerja dari atribut pelayanan ke dalam diagram kartesius yang
terdiri dari 4 kuadran. Diagram kartesius menunjukan atribut mana saja yang
memiliki prioritas perbaikan untuk ditingkatkan kinerjanya. Berdasarkan hasil data
yang telah dilakukan, analisis gap menunjukan bahwa hampir semua atribut
mendapatkan kesenjangan yang bernilai negatif dan dilakukannya perbaikan pada
atribut berdasarkan posisi dari masing-masing kuadran