dc.description.abstract |
Tujuan untuk mengetahui hasil belajar akuntansi siswa kelas XI AK 1 setelah
menerapkan model pembelajaran Scramble di SMK Brigjend Katamso Medan
Tahun Pembelajaran 2017/2018.
Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI AK 1 yang
keseluruhannya berjumlah 33 orang siswa. Sedangkan objek penelitian ini adalah
Model Pembelajaran Scramble untuk meningkatkan hasil belajar akuntansi siswa.
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah pemberian tes untuk
melihat hasil belajar dan lembar observasi aktivitas siswa selama proses
pembelajaran berlangsung.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan melalui tes dan observasi dapat
dilihat bahwa hasil belajar siswa pada tes awal (pre test) persentase siswa yang
tuntas sebanyak 7 orang siswa yaitu 21,21% dengan jumlah siswa 33 orang,
kemudian setelah dilakukan post test siklus I peningkatan menjadi 82,82% dengan
jumlah siswa 33 orang, sedangkan siswa yang tidak mencapai nilai ketuntasan
yaitu 6 orang siswa yaitu 18,18% dengan jumlah 33 orang siswa. Dengan
demikian hipotesis penelitian yaitu “Ada peningkatan hasil belajar akuntansi
siswa kelas XI AK 1 di SMK Brigjend Katamso Medan dengan menerapkan
model pembelajaran Scramble Tahun Pembelajaran 2017/2018 diterima”.
Dari data ini, dapat dilihat bahwa nilai siswa telah mengalami peningkatan
secara signifikan dan ketuntasan belajar siswa tercapai. |
en_US |