dc.description.abstract |
Permasalahan dalam penelitian ini adalah “ Rendahnya Aktivitas dan Hasil
Belajar siswa kelas X SMK Ar-Rahman Medan.” Tujuan Penelitian ini
adalah untuk mengetahui dengan menerapkan metode pembelajaran Point
Counter Point dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi
siswa kelas X SMK Ar-Rahman Medan.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Ar-Rahman Medan Tahun
Pembelajaran 2016/2017 semester genap. Subjek penelitian adalah siswa
kelas X yang berjumlah 38 orang. Teknik yang digunakan untuk
mengumpul datadalam penelitian ini menggunakan observasi. Tes yang
digunakan adalah Essay test. Observasi aktivitas belajar siswa dilakukan
secara langsung pada saat proses belajar mengajar dengan menerapkan
metode pembelajaran Point Counter Point.
Berdasarkan hasil analisa data diperoleh hasil belajar pada tes awal
(pretest) dengan 34,21% yang tuntas dengan nilai rata-rata 65,66. Data
postest siklus I dengan nilai rata-rata 69,47 hanya 52,63% siswa yang
memenuhi ketuntasan. Sedangkan data posttest II dengan rata-rata nilai
hasil belajar 78,42 dengan nilai ketuntasan 86,84%. Berarti ada
peningkatan hasil belajar siswa dari postest siklus I dan siklus II sebesar
34,21%. Hasil observasi yang telah dilakukan menunjukkan peningkatan
aktivitas siswa 39,84% (siklus I 36,84% sedangkan siklus II 76,32%)
Dari hasil perolehan hasil belajar siswa dan lembar observasi, disimpulkan
bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Point Counter Point pada
materi Jurnal Penyesuaian di kelas X SMK Ar-Rahman Medan T.P
2016/2017 dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini
berarti bahwa metode pembelajaran Point Counter Point dapat digunakan
sebagai alternative dalam pembelajaran akuntansi. |
en_US |