Research Repository

PERCEPATAN PROYEK PEMBANGUNAN JALAN TOL INDRAPURA MENGGUNAKAN METODE CRASHING DENGAN PENAMBAHAN JAM KERJA DUA JAM DAN SISTEM SHIFT

Show simple item record

dc.contributor.author FAWWAZ, ZUHDI
dc.date.accessioned 2024-10-01T01:37:28Z
dc.date.available 2024-10-01T01:37:28Z
dc.date.issued 2024-09-09
dc.identifier.uri https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/25267
dc.description.abstract Proses pembangunan sebuah proyek kostruksi kerap terjadi sesuatu yang tidak diinginkan seperti terjadinya keterlambatan pekerjaan pada proyek. Dalam Penelitian ini akan menganalisis percepatan durasi penyelesaian proyek pada proyek Pembangunan Jalan Tol Indrapura-Kisaran yang berada di Kabupaten Batubara-Kabupaten Asahan Provinsi Sumatera Utara Sta.126+000 s/d sta.127+000, dengan alternatif penambahan jam kerja dua jam dan sistem shift kerja (shift pagi dan shift malam). Maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui biaya proyek (direct and indirect cost) yang lebih ekonomis dan durasi waktu yang lebih efisien dengan menggunakan dua alternatif tersebut. Hasil penelitian ini diketahui total anggaran biaya proyek dalam kondisi normal ialah sebesar Rp20.619.026.950,00 dengan durasi pelaksanaan proyek 53 hari kerja. Dari hasil analisis pada penelitian ini didapat total biaya proyek dalam kondisi sesudah crashing dengan alternatif penambahan jam kerja selama dua jam didapat sebesar Rp20.895.319.200,00 atau lebih mahal 1,00% dari biaya proyek pada kondisi normal dan durasi pelaksanaan proyek 46 hari kerja atau lebih cepat 0,87% dari durasi normal, sedangkan total biaya proyek dalam kondisi sesudah crashing dengan alternatif menerapkan sistem shift kerja (shift pagi dan shift malam) didapat sebesar Rp21.048.814.895,00 atau lebih mahal 1,01% dari biaya proyek pada kondisi normal dan durasi pelaksanaan proyek 38 hari atau lebih cepat 0,72% dari durasi normal en_US
dc.subject Percepatan Proyek en_US
dc.subject Metode Crashing en_US
dc.subject Direct and Indirect Cost en_US
dc.title PERCEPATAN PROYEK PEMBANGUNAN JALAN TOL INDRAPURA MENGGUNAKAN METODE CRASHING DENGAN PENAMBAHAN JAM KERJA DUA JAM DAN SISTEM SHIFT en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account