Abstract:
Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) yang
menghasilkan suatu produk Handout. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji
kevalidan handout pada materi bangun ruang, dan untuk mengkaji kepraktisan
handout pada materi bangun ruang. Penelitian ini menggunakan model
pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and
Evaluation. Tahapan analisis mencakup analisis kebetuhan peserta didik, analisis
etnomatematika, dan analisis materi. Tahapan desain mencakup tahapan merancang
produk. Tahapan pengembangan mencakup pengembangan desain produk dan hasil
kevalidan dua para ahli. Tahapan implementasi yaitu tahaan melakukan uji coba ke
sekolah. Hasil pengembangan yang dilakukan dengan penelitian para ahli yaitu
validator ahli media 88% “sangat valid”, validator ahli materi 90% “sangat valid”.
Pada kepraktisan pendidik yang diambil dari respon guru mendapatkan 80% “sangat
praktis”. Guru bidang studi menyatakan Handout layak digunakan dengan revisi
sesuai saran yang diberikan. Pada uji coba yang dilakukan pada kelas VIII SMP YPK
Medan dengan jumah siswa 18 orang. Dari seluruh respon siswa mendapatkan 91%
“sangat praktis”.