Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/handle/123456789/25250
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorNURHALIZA-
dc.date.accessioned2024-09-30T04:19:13Z-
dc.date.available2024-09-30T04:19:13Z-
dc.date.issued2024-08-21-
dc.identifier.urihttps://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/25250-
dc.description.abstractPenelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) yang menghasilkan suatu produk Handout. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kevalidan handout pada materi bangun ruang, dan untuk mengkaji kepraktisan handout pada materi bangun ruang. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Tahapan analisis mencakup analisis kebetuhan peserta didik, analisis etnomatematika, dan analisis materi. Tahapan desain mencakup tahapan merancang produk. Tahapan pengembangan mencakup pengembangan desain produk dan hasil kevalidan dua para ahli. Tahapan implementasi yaitu tahaan melakukan uji coba ke sekolah. Hasil pengembangan yang dilakukan dengan penelitian para ahli yaitu validator ahli media 88% “sangat valid”, validator ahli materi 90% “sangat valid”. Pada kepraktisan pendidik yang diambil dari respon guru mendapatkan 80% “sangat praktis”. Guru bidang studi menyatakan Handout layak digunakan dengan revisi sesuai saran yang diberikan. Pada uji coba yang dilakukan pada kelas VIII SMP YPK Medan dengan jumah siswa 18 orang. Dari seluruh respon siswa mendapatkan 91% “sangat praktis”.en_US
dc.subjectEtnomatematikaen_US
dc.subjectADDIEen_US
dc.subjectValidatoren_US
dc.titlePENGEMBANGAN HANDOUT BERBASIS ETNOMATEMATIKA ISTANA LIMA LARAS PADA MATERI BANGUN RUANG KELAS VIII SMP YPK MEDANen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
NURHALIZA.pdfFull text7.52 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.