Abstract:
Jalan Gatot Subroto Serdang termasuk dalam tipe Jalan arteri primer dengan tipe 6
lajur 2 arah dan 4 lajur 2 arah terbagi. Penelitian ini bertujuan untuk
mengidentifikasi kinerja ruas Jalan Gatot Subroto terhadap arus lalu lintas akibat
adanya pembangunan underpass simpang Manhatan Medan, mengetahui dampak
lalu lintas yang ditimbulkan akibat pembangunan underpass simpang Manhatan
Medan dan menetapkan jenis penanganan terhadap dampak lalu lintas yang terjadi
pada ruas Jalan Gatot Subroto. Penilitian ini menggunakan perhitungan berdasarkan
Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia 2014 (PKJI 2014). Dari hasil analisis yang
dibagi menjadi 2 segmen disimpulkan nilai volume kendaraan Jalan Gatot Subroto
segmen 1 (6/2T) dari arah timur ke barat sebesar 1402,15 skr/jam dan Jalan Gatot
Subroto segmen 2 (4/2T) dari arah timur ke barat sebesar 1168,9 skr/jam. Nilai
perhitungan hambatan samping Jalan Gatot Subroto segmen 1 dari arah timur ke
barat sebesar 321,1 dan Jalan Gatot Subroto segmen 2 dari arah timur ke barat
sebesar 424,25. Hasil derajat kejenuhan Jalan Gatot Subroto dari timur ke barat
Segmen 1 (6/2T) sebesar 0,35 dan derajat kejenuhan Jalan Gatot Subroto dari timur
ke barat segmen 2 (4/2T) 0,39 maka Jalan Gatot Subroto dari timur ke barat segmen
1 (6/2T) memiliki tingkat pelayanan B dan Jalan Gatot Subroto dari timur ke barat
Segmen 2 (4/2T) memiliki tingkat pelayanan B.