Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model project based
learning dengan media audiovisual terhadap kemampuan menulis teks persuasi
kelas VIII SMP Negeri 3 Laut Tador Tahun pembelajaran 2023/2024. Populasi
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Laut Tador yang
berjumlah 75 siswa. Sampel pada penelitian ini siswa kelas VIII-2 yang
berjumlah 25 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah
eksperimen. Instrumen penelitian menggunakan esai tes. Hasil penelitian
berdasarkan uji hopotesis dan menggunakan uji t maka diperoleh nilai 𝑡β𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔
sebesar 2.251 pada taraf yang singnifikan 5% sedangkan nilai 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 untuk N
=25-2 adaalah 1.684. Dapat disimpulkan bahwa 𝑡β𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 yaitu 2.251 lebih besar
dari 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 yaitu 1.684. Hasil yang diperoleh mengidentifikasikan bahwa model
project based learning dengam media audiovisual memiliki pengaruh yang
singnifikan terhadap kemampuan menulis teks persuasi siswa kelas VIII SMP
Negeri 3 Laut Tador tahun pembelajaran 2023/2024.