Research Repository

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESRTA DIDIK (LKPD) GEOMETRI BERBASIS ETNOMATEMATIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SMP MUHAMMADIYAH 57 MEDAN

Show simple item record

dc.contributor.author RIDA ALFIANI, SIMANJUNTAK
dc.date.accessioned 2024-09-28T08:05:17Z
dc.date.available 2024-09-28T08:05:17Z
dc.date.issued 2024-08-27
dc.identifier.uri https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/25214
dc.description.abstract Penelitian bertujuan untuk menhasilkan LKPD geometri berbasis etnomatematika ditijau dari kemampuan berfikir kritis pada materi bangun ruang sisi lengkung. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dari pengembangan desain pembelajaran dengan menggunakam, model ADDIE. Penelitian ini meliputi dari langkah – langkah Analysis (analisis), Design (desain), Development (pengembangan) LKPD, materi bangun ruang sisi lengkung. Penelitian ini telah menhasilkan LKPD berdasarkan aspek kevallidan memenuhi kriteria sangat valid. Validasi ahli materi mendapat rata – rata keseluruhannya sebesar 3,72 dan ahli media mendapat rata – rata keseluruhan sebesar 3,57. Aspek kepraktisan berdasarkan angket yang diberikan keada 22 peserta didik mendapat rata - rata keseluruhan 3,41 dalam kategori sangat praktis. Sedangkan untuk tes keefektifan berdsarkan tes memenuhi kriteria efektif dengan presentase kentuntasan sebsesar 82 %. Untuk analisis kemampuan berfikir kritis 22 peserta didikk pada tiap indikator tersebar dalam dua kategori yaitu baik dan sangat baik. Indikator Klarifikasi mendapat persentase 86,6% nilai itu masuk dalam kategori sangat baik. Indikator Assesment mendapat persentase 70,3% ini termasuk dalam kategori baik. Indikator strategi dan taktik medapat persentase sebesar 69,9% masuk dalam kategori baik dan indikator inferensi mendapat persentase sebesar 94,8% ini masuk dalam kategori sangat baik. en_US
dc.subject Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik, en_US
dc.subject Etnomatematika, en_US
dc.subject Berfikir Kritis en_US
dc.title PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESRTA DIDIK (LKPD) GEOMETRI BERBASIS ETNOMATEMATIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SMP MUHAMMADIYAH 57 MEDAN en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account