Abstract:
Penelitian bertujuan untuk menhasilkan LKPD geometri berbasis etnomatematika
ditijau dari kemampuan berfikir kritis pada materi bangun ruang sisi lengkung.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian dari pengembangan desain pembelajaran
dengan menggunakam, model ADDIE. Penelitian ini meliputi dari langkah –
langkah Analysis (analisis), Design (desain), Development (pengembangan)
LKPD, materi bangun ruang sisi lengkung. Penelitian ini telah menhasilkan LKPD
berdasarkan aspek kevallidan memenuhi kriteria sangat valid. Validasi ahli materi
mendapat rata – rata keseluruhannya sebesar 3,72 dan ahli media mendapat rata –
rata keseluruhan sebesar 3,57. Aspek kepraktisan berdasarkan angket yang
diberikan keada 22 peserta didik mendapat rata - rata keseluruhan 3,41 dalam
kategori sangat praktis. Sedangkan untuk tes keefektifan berdsarkan tes memenuhi
kriteria efektif dengan presentase kentuntasan sebsesar 82 %. Untuk analisis
kemampuan berfikir kritis 22 peserta didikk pada tiap indikator tersebar dalam dua
kategori yaitu baik dan sangat baik. Indikator Klarifikasi mendapat persentase
86,6% nilai itu masuk dalam kategori sangat baik. Indikator Assesment mendapat
persentase 70,3% ini termasuk dalam kategori baik. Indikator strategi dan taktik
medapat persentase sebesar 69,9% masuk dalam kategori baik dan indikator
inferensi mendapat persentase sebesar 94,8% ini masuk dalam kategori sangat baik.