dc.description.abstract |
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Model
Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick terhadap hasil belajar siswa pada
mata pelajaran akuntansi di SMK YWKA Medan T.P 2016/2017.
Adapun masalah yang ditemukan dalam penelitian ini adalah hasil belajar
akuntansi siswa masih rendah, siswa kurang aktif ketika dalam proses kegiatan
belajar-mengajar (KBM), siswa cenderung pasif dalam menerima pelajaran, malas
bertanya, tidak fokus pada mata pelajaran yang disampaikan serta model
pembelajaran belum bervariasi.
Penelitian ini dilakukan di kelas XI SMK YWKA Medan T.P 2016/2017.
Adapun yang menjadi populasi peneliti dalam penelitian ini adalah seluruh siswa
kelas XI SMK YWKA Medan T.P 2016/2017 yang terdiri dari 1 kelas dengan
jumlah 36 siswa terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 22 siswa perempuan. Sampel
dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI yang berjumlah 36 siswa. Pada
penelitian ini yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu (quasi
eksperimen). Eksperimen semu adalah jenis komparasi yang membandingkan
pengaruh pemberian suatu perlakuan (treatment) pada suatu objek (Kelas
intervensi) serta melihat besar pengaruh perlakuannya,
Untuk memperoleh data dan gambaran yang sebenarnya mengenai topik
penelitian ini, maka penulis memakai tes tertulis sebagai alat pengumpul data. Tes
tertulis adalah alat atau prosedur yang dipergunakan dalam rangka pengukuran
dan penilaian. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan rata-rata, standar
deviasi, uji normalitas dan uji hipotesis.
Dari hasil perhitungan diperoleh bahwa hasil pre-test siswa menunjukkan
bahwa mean yang diperoleh adalah 60,14 sedangkan variansi yang diperoleh
adalah 64,98. Hasil post-test siswa dengan Model pembelajaran kooperatif tipe
Talking Stick menunjukkan bahwa mean yang diperoleh adalah 80,00 sedangkan
variansi yang diperoleh adalah 21,43.Dari hasil perhitungan diperoleh thitung =
12,820 setelah membandingkan dengan ttabel pada dk = n – 2 = 36-2 = 70 taraf
nyata α = 0,05 diperoleh ttabel = 1,994 dan ternyata thitung > ttabel (12,820 > 1,994)
maka Ho di tolak dan Ha diterima, sehingga kesimpulannya adalah “ada pengaruh
model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick terhadap hasil belajar akuntansi
pada kompetensi dasar pengantar akuntansi siswa kelas XI SMK YWKA Medan
Tahun Ajaran 2016/2017”.2014/2015 |
en_US |