Research Repository

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI Akuntansi SMK YWKA Medan

Show simple item record

dc.contributor.author Munthe, Arum Dini
dc.date.accessioned 2020-03-12T01:37:11Z
dc.date.available 2020-03-12T01:37:11Z
dc.date.issued 2017-03-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2518
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi di SMK YWKA Medan T.P 2016/2017. Adapun masalah yang ditemukan dalam penelitian ini adalah hasil belajar akuntansi siswa masih rendah, siswa kurang aktif ketika dalam proses kegiatan belajar-mengajar (KBM), siswa cenderung pasif dalam menerima pelajaran, malas bertanya, tidak fokus pada mata pelajaran yang disampaikan serta model pembelajaran belum bervariasi. Penelitian ini dilakukan di kelas XI SMK YWKA Medan T.P 2016/2017. Adapun yang menjadi populasi peneliti dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMK YWKA Medan T.P 2016/2017 yang terdiri dari 1 kelas dengan jumlah 36 siswa terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 22 siswa perempuan. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI yang berjumlah 36 siswa. Pada penelitian ini yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen). Eksperimen semu adalah jenis komparasi yang membandingkan pengaruh pemberian suatu perlakuan (treatment) pada suatu objek (Kelas intervensi) serta melihat besar pengaruh perlakuannya, Untuk memperoleh data dan gambaran yang sebenarnya mengenai topik penelitian ini, maka penulis memakai tes tertulis sebagai alat pengumpul data. Tes tertulis adalah alat atau prosedur yang dipergunakan dalam rangka pengukuran dan penilaian. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan rata-rata, standar deviasi, uji normalitas dan uji hipotesis. Dari hasil perhitungan diperoleh bahwa hasil pre-test siswa menunjukkan bahwa mean yang diperoleh adalah 60,14 sedangkan variansi yang diperoleh adalah 64,98. Hasil post-test siswa dengan Model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick menunjukkan bahwa mean yang diperoleh adalah 80,00 sedangkan variansi yang diperoleh adalah 21,43.Dari hasil perhitungan diperoleh thitung = 12,820 setelah membandingkan dengan ttabel pada dk = n – 2 = 36-2 = 70 taraf nyata α = 0,05 diperoleh ttabel = 1,994 dan ternyata thitung > ttabel (12,820 > 1,994) maka Ho di tolak dan Ha diterima, sehingga kesimpulannya adalah “ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick terhadap hasil belajar akuntansi pada kompetensi dasar pengantar akuntansi siswa kelas XI SMK YWKA Medan Tahun Ajaran 2016/2017”.2014/2015 en_US
dc.subject Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick en_US
dc.subject Hasil Belajar Siswa en_US
dc.title Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI Akuntansi SMK YWKA Medan en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account