Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/handle/123456789/25188
Title: PENGARUH MEDIA SPIN THE WHEEL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPAS DI KELAS IV SD SWASTA TANJUNG ANOM
Authors: SIREGAR, ALYDA RIZKIAH PUTRI
Keywords: Media Pembelajaran;Media Spin The Wheel, Motivasi Belajar;Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS)
Issue Date: 29-Jun-2024
Publisher: umsu
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media Spin The Wheel terhadap motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPAS di kelas IV SD Swasta Tanjung Anom. Tujuan lainnya yaitu untuk mengetahui motivasi belajar siswa dengan menggunakan media Spin The Wheel pada pembelajaran IPAS dikelas eksperimen serta untuk mengetahui motivasi belajar siswa dengan menggunakan media gambar di kelas kontrol. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuasi eksperimental dengan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian kuasi eksperimental yang digunakan yaitu non-equivalent control group design. Dalam desain ini, terdapat dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Tujuannya adalah untuk mengukur dampak perlakuan tanpa pemilihan subjek secara acak. Kedua kelas diberikan tes sebanyak dua kali yaitu sebelum menggunakan media (Pre-Test) dan setelah menggunakan media (Post-Tets). Kelas eksperimen yaitu kelas IV-A yang menggunakan media Spin The Wheel sedangkan kelas kontrol yaitu kelas IV-B yang menggunakan media gambar. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV-A sebanyak 21 siswa dan kelas IV-B sebanyak 23 siswa. Instrumen dalam penelitian ini yaitu menggunakan lembar angket yang berjumlah 25 pernyataan yang sudah di validasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil analisis yang diperoleh menunjukkan bahwa nilai sig. 0,000 < 0,05, sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Hasil analisis data yang dilakukan diperoleh rata-rata nilai motivasi belajar siswa setelah menggunakan Media Spin The Wheel di kelas eksperimen adalah sebesar 79,28. Sedangkan rata-rata nilai motivasi belajar siswa setelah menggunakan media gambar di kelas kontrol sebesar 63,30. Maka, terdapat pengaruh yang signifikan antara rata-rata nilai kelas eksperimen dengan rata-rata nilai kelas kontrol. Berdasarkan pernyataan tersebut dapat disimpulkan bahwa “Terdapat Pengaruh Media Spin The Wheel Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPAS di Kelas IV SD Swasta Tanjung Anom
URI: https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/25188
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI_ALYDA RIZKIAH PUTRI SIREGAR_2002090278.pdfFull Text8.66 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.