Please use this identifier to cite or link to this item:
http://localhost:8080/handle/123456789/25139
Title: | ANALISIS KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI KEGIATAN PRESENTASI DENGAN MEMANFAATKAN APLIKASI CANVA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS X IPS-1 SMA SINAR HUSNI HELVETIA MEDAN TAHUN PELAJARAN 2023/2024 |
Authors: | ANNISA, WULANDARI |
Keywords: | Kemampuan Berbicara;Kegiatan Presentasi;Aplikasi Canva |
Issue Date: | 13-Aug-2024 |
Abstract: | Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan berbicara melalui kegiatan presentasi dengan memanfaatkan aplikasi canva pada pembelajaran bahasa indonesia kelas X IPS-1 SMA Sinar Husni Helvetia Medan tahun pelajaran 2023/2024. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan interpretasi data secara mendalam. Dengan menggunakan instrument tes yaitu berupa tes lisan Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X IPS-1 SMA Sinar Husni Helvetia Medan berjumlah 22 orang. Sampel penelitian adalah seluruh kelas X IPS-1 yaitu 22 orang. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan berbicara melalui kegiatan presentasi dengan memanfaatkan aplikasi canva pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas X IPS-1 yaitu baik dengan nilai rata-rata mencapai 82,99. Hasil penelitian berupa ketepatan vokal, intonasi suara, urutan kata, kelancaran, bahasa tubuh dan manajemen waktu. Siswa-siswi Kelas X IPS-1 menunjukkan kompetensi verbal yang kuat dalam berbagai konteks. Kemahiran mereka dalam berbahasa Indonesia terlihat dari ketepatan pengucapan vokal dan konsonan, tanpa terpengaruh oleh pengaruh bahasa lain. Mereka memiliki intonasi, tanda baca, pemenggalan kata, dan tempo yang tepat saat berbicara. Terbukti bahwa mereka memiliki pemahaman yang kuat tentang materi pelajaran karena pilihan kata mereka akurat dan ringkas, tanpa pengulangan yang berlebihan. Kemampuan mereka untuk mengartikulasikan ide dengan jelas dan ringkas menunjukkan penguasaan bahasa Indonesia. Mereka terlihat menguasai materi presentasi berdasarkan postur tubuh, ekspresi wajah, kontak mata, dan gerakan tangan. Selain itu, mereka juga menunjukkan kemampuan manajemen waktu yang baik dengan memulai presentasi dengan pendahuluan yang mudah dipahami, mengalokasikan waktu secara efisien, dan menyelesaikannya tepat waktu. Penggunaan media aplikasi canva dalam pembelajaran bahasa Indonesia memberikan manfaat yang baik pada siswa kelas X IPS-1 dalam hal kemampuan berbicara dengan kegiatan presentasi |
URI: | https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/25139 |
Appears in Collections: | Indonesian Language Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
SKRIPSI ANNISA WULANDARI.pdf | Full text | 1.66 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.