Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/handle/123456789/25121
Title: DESAIN MEDIA PEMBELAJARAN E-COMIC UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI FUNGSI KUADRAT UNTUK SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 AIR PUTIH
Authors: ANGGI, PANGESTI
Keywords: Media Pembelajaran;E-comic;Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika
Issue Date: 27-Jul-2024
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk media pembelajaran e-comic yang layak digunakan dan mampu untuk menyelesaikan masalah matematika siswa. Metode penelitian ini menggunakan metode R&D (research and development) dan menggunakan model pembelajaran 4D yang terdiri dari 4 tahapan yaitu tahap pendefenisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (development), dan tahap penyebaran (disseminate). Akan tetapi dalam hal ini peneliti membatasi hanya sampai pada tahap pengembangan. Penelitian dilakukan pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Air Putih dengan sampel berjumlah 35 siswa. Pengumpulan data menggunakan angket dan tes, yaitu angket penilaian terhadap media pembelajaran e-comic dan tes sebelum menggunakan media pembelajaran e-comic (pre-test) dan tes sesudah menggunakan media pembelajaran e- comic (post-test). Uji coba dilakukan pada kelompok kecil yang terdiri dari 15 peserta didik dan kelompok besar terdiri dari 35 peserta didik. Hasil penelitian desain media pembelajaran e-comic dinilai sangat layak digunakan pada saat proses pembelajaran. Penggunaan media pembelajaran menunjukkan bahwa media pembelajaran e-comic mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika
URI: https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/25121
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
ANGGI PANGESTI-SKRIPSI 2024.pdfFull text9.07 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.